RSS

Siapa Pelaksana Tugas Gubernur Kaltara?

21 Nov

Gambar

Pemerintah Kabupaten Bulungan sebagai kabupaten induk sudah mempersiapkan eks Kantor Bupati Bulungan yang masih bagus sebagai Kantor Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Utara.

Pimpinan DPRD dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sepakat mengusulkan nama M. Nurdin yang kini masih menjabat sebagai Sekretaris Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) kepada Menteri Dalam Negeri.
“Iya beliau (Nurdin) sudah sangat memahami Kaltara,” kata Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisyal HP, disela-sela acara Focus Group Discussion (FGD) Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) Koridor Ekonomi Kalimantan di Balikpapan, Rabu (21/11).
Apalagi kata Mukmin, Nurdin memenuhi persyaratan untuk menjabat Pelaksana Tugas Gubernur untuk menduduki jabatan strategis di Provinsi baru tersebut.“Dia kan eselon I, karena aturannya juga disebutkan PNS karier,” ungkapnya.
Meski diakui Mukmin, kewenangan untuk menunjuk Pelaksana Tugas Gubernur adalah kewewenangan Mendagri. “Jadi memang dia memenuhi persyaratan, tapi kami hanya mengusulkan karena semua merupakan hak dan kewenangan Mendagri,” imbuhnya
Disamping itu lanjutnya, M. Nurdin sudah sangat memahami Kaltara, karena pernah menjabat Sekretaris Kota Bontang dan Kepala Dinas di Pemerintahan salah satu kabupaten yang tergabung dalam Provinsi Kaltara saat ini. “Memang yang pantas menduduki jabatan itu yang paham Kaltara, tapi keputusan final tetap Mendagri,” ujarnya.
Mukmin membantah ada kepentingan dibalik pengusulan nama M. Nurdin. Ketua DPD Partai Golkar Kaltim itu, menyatakan, kepentingannya hanya untuk kesejahteraan masyarakat. “Karena memang yang paham dan
mengerti, kan tidak mungkin yang tidak paham, tapi semua kembali lagi pada kewenangan Mendagri. Kita sekadar hanya mengusulkan,” tuturnya.
Sementara mengenai alokasi anggaran untuk operasional dan pelaksanaan pemilu Kaltara bisa mencapaiRp 500 miliar. Dalam APBD Kaltim Tahun 2013, Mukmin mengatakan DPRD dan Pemerintah Provinsi Kaltim sudah
sepakat akan mengalokasikan sebesar Rp 300 miliar.
“Ya dalam APBD Kaltim yang kita alokasikan Rp 250 miliar untuk operasional dan Rp 50 miliar untuk persiapan pemilu, Kota dan kabupaten yang masuk wilayah Kaltara juga kan mengalokasikan anggaran, ada yang Rp 20 miliar, Rp 30 miliar, bisa saja,” ungkapnya.
Mengenai, kelengkapan DPRD Provinsi Kaltara, menurutnya baru akan dipilih pada tahun 2014 yang akan datang agar persiapannya lebih matang. “Jadi nanti tahun 2014, baru ada pemilihan DPRD Kaltara, jumlah anggotanya sekitar 40 kursi nanti, saat ini hanya Pelaksana Tugas Gubernur saja,” paparnya.
Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy enggan mengomentari usulan nama M. Nurdin tersebut. “Saya tidak mau berkomentar soal itu, karena itukan haknya Pak Gubernur saja, silahkan saja hubungi beliau,” ujar Farid singkat, sambil berlalu. (www.jurnas.com)

 
Leave a comment

Posted by on 21 November 2012 in Kebudayaan

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: