RSS

Kaltara Lahir, Pariwisata Kaltim Terancam?

06 Nov

Bandara Tarakan, pintu gerbang Kaltara

LIMA kabupaten/kota di Kalimantan Timur  resmi bergabung dalam sebuah provinsi baru yaitu Kalimantan Utara. Apakah dengan lahirnya Kaltara, pariwisata Kaltim terancam?

Pada 25 Oktober 2012 lalu, DPR meresmikan terbentuknya sebuah provinsi baru yaitu Provinsi Kalimantan Utara. Provinsi ini meliputi Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan , Kabupaten Tana tidung, Kabupaten Malinau. Satu Kota dan empat kabupaten yang tergabung di dalamnya itu merupakan wilayah yang sebelumnya masuk ke dalam wilayah administrasi Kalimantan Timur.

Seperti diketahui, jika kelima wilayah tersebut memiliki potensi wisata yang beragam. Keluarnya lima kota/kabupaten dari Kalimantan Timur itu dikhawatirkan akan mengancam sektor pariwisata di Kaltim.

Marketing and Cooperation staff Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur, Ubadin, saat dikonfirmasi mengaku tidak ada kekhawatiran atas hal tersebut.

“Saya rasa tidak akan mengancam pariwisata Kaltim ya, karena yang berpisah hanya empat wilayah sedangkan Kabupaten Tana Tidung itu wilayah baru. Jika dipersentasekan, mungkin hanya akan berkurang sebanyak 35% saja dari biasanya,” ujarnya.

Ubadin menjelaskan, saat ini Kalimantan Timur masih memiliki daerah-daerah andalan lain yang memiliki begitu banyak potensi wisata di dalamnya, misalnya wilayah Kutai dengan potensi budayanya. Selain itu, keanekaragaman biota laut yang saat ini menjadi salah satu fokus pariwisata di daerah Derawan, Kabupaten Berau, masih termasuk wilayah Kalimantan Timur.

“Beberapa daerah andalan pariwisata potensial masih termasuk ke dalam wilayah kami, misalnya saja biota laut yang ada di daerah Derawan, Kabupaten Berau, sehingga program Sail Derawan 2013 masih dalam proses,” tuturnya.

“Menurut saya, jika dilihat secara kelembagaan, adanya provinsi baru yaitu Kalimantan Utara sangat bagus. Dengan begitu setiap daerah akan lebih giat dan terus terpacu untuk mengembangkan sektor pariwisatanya,” tutupnya. (http://travel.okezone.com).

 
Leave a comment

Posted by on 6 November 2012 in Kebudayaan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: