RSS

Provinsi Kaltara Perkuat Perbatasan RI

30 Oct

Gambar

Kantor Gubernur Kaltara di Tanjung Selor

Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sudah lama digagas untuk segera diwujudkan. Pertimbangannya adalah kepentingan strategis posisi perbatasan Indonesia ke depan. Terutama, untuk menguatkan posisi beranda depan Indonesia terhadap negara tetangga, Malaysia.

Demikian disampaikan Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Soni Sumarsono dalam diskusi bertajuk “Optimalisasi Kinerja BNPP Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Kawasan Perbatasan” di Jakarta, Selasa (30/10).

Menurutnya, wacana pembentukan Provinsi Kaltara sudah lama menguat, bahkan sebelum terbentuknya BNPP. “Saat menyusun grand design otonomi daerah, grand design pengelolaan perbatasan, pembentukan provinsi Kaltara memang menjadi prioritas, harus terbentuk segera,” kata Soni Sumarsono.

Soni Sumarsono mengatakan letak strategis provinsi yang baru dimekarkan dari Kalimantan Timur adalah adalah sebagai kawasan perbatasan Negara. Melalui keberadaan Kaltara, salah satunya diharapkan penyelesaian sengketa Ambalat antara Indonesia dan Malaysia dapat dikelola dengan lebih baik lagi di masa mendatang.

“Sebenarnya pressure terbesarnya, di ujung itu ada Malaysia. Malaysia kini punya kapal selam terbaik. Dan mereka juga membangun pos pertahanan di sekitar Ambalat. Kita apa yang sudah dibangun,” tanyanya.

Karena itu, lanjut Soni Sumarsono, percepatan pembangunan di Kaltara menjadi sangat penting segera dilaksanakan. Dan percepatan itu akan mudah terealisir melalui diwujudkannya pemekaran provinsi baru yaitu Provinsi Kaltara.

Dengan begitu pembangunan lebih bisa dipercepat dan fokus. “Jadi, setelah terbentuknya Provinsi Kaltara, pastinya akan ada konsentrasi pembangunan. Negara tetangga tentu akan memandang lain nantinya, ternyata Indonesia sangat serius,” katanya.

Dengan adanya provinsi baru yang dekat dengan Ambalat, tambah Soni Sumarsono, posisi tawar Indonesia akan semakin menguat. Kaltara diproyeksikan menjadi beranda depan Indonesia yang paling strategis di Kalimantan. Secara politik luar negeri, keberadaan Provinsi Kaltara akan berdampak pada kian kuatnya posisi Indonesia. “Jadi tak lagi dianggap remeh,” ujarnya. (Arjuna Al Ichsan/Jurnal Nasional)

 
Leave a comment

Posted by on 30 October 2012 in Kebudayaan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: